6 Cara Menghasilkan Uang Lewat Aplikasi Tiktok

6 Cara Menghasilkan Uang Lewat Aplikasi Tiktok

Halo sobat pembaca Kumel.my.id, pada kesempatan pertama ini admin akan menguraikan tentang bagaimana caranya memperoleh penghasilan dari aplikasi TikTok. Siapa yang tidak kenal aplikasi media sosial berbasis musik video satu ini? TikTok telah menjelma menjadi aplikasi yang sangat populer saat ini, tidak hanya dikalangan remaja saja, anak-anak hingga dewasa bahkan orang tua sudah tidak asing lagi dengan aplikasi TikTok.

Bytedance, perusahaan yang menaungi TikTok dalam laporannya ke publik mengaku pada Januari 2018 pengguna aktif TikTok sudah mencapai 55 juta user, dan pada akhir 2018 jumlahnya melonjak menjadi 271 juta user. Pada akhir 2019 menjadi 507 juta user. TikTok juga melaporkan bahwa aplikasi video pendek ini sudah diunduh 2 miliar lebih secara global.

TikTok bukanlah satu-satunya aplikasi media sosial yang berbasis musik video, sebut saja ada Likee, Snack Video, dan baru-baru ini Tangi luncuran Google yang di sebut-sebut akan menjadi pesaing TikTok. Namun yang menjadikan TikTok berbeda dari aplikasi medsos musik video pendek lainnya adalah segudang fitur yang dimilikanya yang bisa dipakai pengguna untuk merekam dan mengedit video agar lebih menarik lalu menggunggahnya, bahkan ke beberapa media sosial sekaligus. Tidak sedikit konten kreator di TikTok menjadi viral dan terkenal dalam beberapa saat saja.

Kembali ke topik sesuai judul diatas, memperoleh uang lewat aplikasi TikTok tentu sangat menarik untuk dicoba. Jika kamu salah satu pengguna aktif media sosial berbasis musik video ini, tak ada salahnya untuk mulai berpikir bagaimana caranya menghasilkan uang dari TikTok.

Seperti apa? Berikut enam cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari aplikasi TikTok, dilansir Ponselgo.com (02/11/2021) dari berbagai sumber. Yuk simak point-point ulasan lengkapnya dibawah ini:

1. Menumbuhkan akun dan menjualnya

Cara pertama untuk menghasilkan uang dari Tik Tok adalah menumbuhkan akun dan kemudian menjualnya. Mirip dengan Instagram, kamu mungkin bisa membuat konten yang menghibur, idealnya konten yang menjadi viral untuk menarik orang yang akan menjadi pengikutmu.

Setelah berhasil memiliki banyak pengikut, kamu bisa menjangkau merek-merek yang sesuai dengan karakter akunmu, dan menjual profil TikTok milikmu kepada merek atau orang-orang tersebut. Tentu saja dengan cara ini kamu akan menghasilkan uang dari harga yang bisa kamu tentukan sendiri.

2. Saling menyumbang koin

Mirip seperti situs Twitch, yaitu situs dimana orang-orang bisa mendapatkan uang dengan cara live streaming, kamu juga bisa melakukannya lewat TikTok meski jumlah pengikutmu masih sedikit. Dimana alur prosesnya, biasanya penonton akan memberikan kamu semacam gift item (animasi kodok, bunga, gitar, boneka dan lainnya) yang dibeli dengan koin TikTok.

Koin ini bisa kamu didapatkan pengguna dengan membelinya menggunakan mata uang asli. Selanjutnya, kamu yang telah mendapatkan gift item dari penonton, bisa menkonversikannya lagi ke uang asli dengam proses payout. Minimum jumlah uang yang bisa di payout pada aplikasi TikTok dalam sehari sebesar US $100 dan maksimal $1000.

3. Kelola kampanye influencer

Ini bukanlah ide baru karena sudah banyak agensi yang dibentuk untuk melayani kebutuhan para influencer dibanyak media sosial, dimana konsep yang sama juga berlaku di TikTok.

Kamu bisa mengelola kampanye influencer, dengan menjadi perantara antara pencipta konten di TikTok dan merek yang ingin bekerja dengan influencer itu. Dari membuat perjanjian, menghubungkan kedua belah pihak, menjadi koordinator dan lainnya dengan membebankan biaya layanan untuk jasa ini.

4. Platform iklan Tiktok

Cara lainnya adalah dengan menggunakan platform iklan mereka. Sama seperti iklan Facebook dan Instagram, kamu dapat browsing mengenai, “iklan TikTok” dan mendaftar untuk bisa mengakses platform iklan mereka.

Ada baiknya kamu membuat beberapa iklan, menetapkan sejumlah anggaran untuk bereksperimen disana dan lihat apa yang terjadi. Mungkin kamu dapat menjual lebih banyak produkmu karena telah mengiklankannya di TikTok.

5. Layanan manajemen

Cobalah tawarkan layanan manajemen untuk pembuat konten di aplikasi ini. Beberapa pencipta konten di TikTok memiliki jutaan pengikut dan terkadang ini terjadi sangat cepat. Ini seperti memiliki 'lahan bisnis' di pangkuan mereka.

Kamu dapat melangkah masuk dan menawarkan layanan untuk membantu mereka dengan strategi konten mereka, strategi kreatif mereka, dan mengelola penawaran yang datang kepada mereka.

Jadi, jika kamu memiliki latar belakang dalam produksi, kamu pasti bisa menerapkannya untuk menawarkan layanan manajemen kepada pencipta konten di TikTok.

6. Menjadi Konsultan TikTok

Last but not least, jika kamu sudah cukup profesional, mungkim kamu bisa membantu para pencipta konten tentang bagaimana mereka bisa mendapatkan banyak penonton sekaligus pengikut dalam video mereka.

Dalam hal ini, kamu cukup menawarkan layanan konsultasi. Ini adalah cara yang sangat bagus untuk meningkatkan keahlianmu dan membantu orang-orang yang ingin menjadi pengguna TikTok terkenal, karena memiliki strategi agar video mereka dapat dilihat oleh ratusan ribu, bahkan jutaan orang adalah hal penting.

Tentu saja, kamu harus memiliki latar belakang dan pengalaman dalam hal ini terlebih dahulu untuk menawarkan ini sebagai layanan. Tapi begitu kamu memilikinya, orang tak akan segan membayarmu dengan harga tinggi untuk akun mereka.

Bagaimana, menarik bukan? Kamu bisa coba menghasilkan uang lewat Tiktok sehingga tidak hanya jadi penonton saja. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lowongan Kerja PT Softex Indonesia Via Jobstreet (Manufaktur Produk Konsumen)

Lowongan Kerja PT. Lion Super Indo - (Retail / Merchandise)

Lowongan Kerja Terbaru PT Bank Central Asia (Bank BCA)