Beberapa Khasiat Yang Terkandung Pada Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan di Indonesia. Tanaman ini lazim ditemukan di kebun-kebun rumah yang sengaja dibudidaya untuk keperluan obat rumahan. Daun sirih hijau biasa digunakan untuk mengatasi bau badan dan mulut, mimisan, gatal-gatal serta sebagai anti bakteri.

Daun sirih merah masuk dalam jajaran Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Jadi, jangan heran bila banyak orang yang menanam daun sirih merah di halaman rumahnya. 

Daun sirih umumnya dibudidayakan di Sri Lanka, India, Malaysia, Afrika Timur, kepulauan Filipina dan Indonesia. Daun sirih yang juga dikenal sebagai “paan ka patta” ini  memiliki rasa yang kuat, menyengat dan aromatik serta banyak digunakan sebagai penyegar mulut.

Tanaman daun sirih bisa tumbuh dan berkembang sampai 15 meter. Daun sirih memiliki bentuk yang unik yakni berbentuk jantung dengan berujung runcing. Warna daun sirih cukup bervarisi yakni kuning, hijau, dan hijau tua. Saat diremas daun sirih akan mengeluarkan aroma yang khas. 

Masuk dalam jajaran tanaman herbal, daun sirih cukup banyak dikembangkan oleh masyarakat. Biasanya mereka menanam daun sirih di halaman depan rumah atau di kebun. Daun sirih efektif menyembuhkan sejumlah penyakit karena mengandung banyak senyawa aktif yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Daun sirih mengandung minyak atsiri yang terdiri daro betlephenol, kavikol, seskuiterpen, hidroksikavikol, cavibetolm estragol, eugenol, dan karvakrol. Tidak hanya itu, daun sirih juga mengandung enzim diastase, gula, dan tanin. Selain nutrisi tersebut, daun sirih mengandung minyak atsiri dan komponen kimiawi seperti minyak sirih dan chavicol, betel phenol, terpene dan campene. Komponen kimiawi ini memiliki khasiat obat dan membantu dalam pengobatan dan penanganan berbagai penyakit.

Setelah mengetahui segala nutrisi yang terkandung dalam daun herbal ini, tidak heran bahwa daun sirih memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Ini dia manfaat kesehatan yang akan kamu dapatkan dari daun sirih:

Menurunkan berat badan 
Siapa sangka bila daun sirih berkhasiat membantu menurunkan berat badan. Air rebusan daun sirih bisa meningkatkan sekresi pencernaan sekaligus menghilangkan kadar air berlebih atau racun di dalam tubuh. Tidak hanya itu, kandungan serat dalam sirih bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan.

Mengurangi Masalah Pernapasan
Daun sirih sangat membantu dalam mengobati masalah yang berkaitan dengan batuk dan pilek. Ini adalah obat yang sangat baik untuk mereka yang menderita dada, paru-paru tersumbat dan asma. Oleskan sedikit minyak mustard pada daunnya, hangatkan dan letakkan di dada untuk menyembuhkan mampet. Anda juga bisa merebus beberapa daun dalam air, menambahkan kapulaga, cengkeh dan kayu manis dalam dua gelas air. Kurangi menjadi 1 cangkir dan konsumsi ramuan ini dua hingga tiga kali sehari untuk menghilangkan masalah hidung tersumbat dan pernapasan.

Batuk
Daun sirih efektif mengobati batuk. Untuk merasakan manfaatnya, Anda perlu siapkan 10 lembar daun sirih merah segar yang tidak terlalu tua. Anda rendam daun sirih merah di dalam alkohol 70% selama 30 menit agar bakteri mati. Setelah itu, Anda rebus daun sirih merah dengan 4 gelas air dan tambahkan 100 gram gula. Anda rebus sampai mendidih dan menyisahkan air satu gelas. Anda minum ramuan tersebut satu sendok tiga kali sehari. 

Merawat organ kewanitaan 
Sejak zaman dahulu, daun sirih merah dipercaya efektif mengobati keputihan dan merawat organ kewanitaan. Hal ini disebabkan daun sirih merah bersifat antiseptik. Bila Anda ingin mencoba merawat organ kewanitaan, Anda rebus delapan daun sirih merah tua yang sudah dipotong kecil-kecil dengan 800 ml air. Setelah mendidih, Anda dinginkan air rebusan daun sirih merah. Lalu, Anda gunakan untuk membersihkan organ kewanitaan dua kali sehari. 

Mengatasi Diabetes
Berbagai obat anti-diabetes memiliki efek samping pada hati dan ginjal dalam jangka panjang. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bubuk daun sirih kering memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar glukosa darah pada individu yang baru didiagnosa diabetes.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lowongan Kerja PT Softex Indonesia Via Jobstreet (Manufaktur Produk Konsumen)

Lowongan Kerja PT. Lion Super Indo - (Retail / Merchandise)

Lowongan Kerja Terbaru PT Bank Central Asia (Bank BCA)