Beberapa Khasiat Yang Terkandung Pada Buah Bit



Ubi bit merah (bahasa Inggris: beetroot) dimasukkan ke dalam kelas Beta vulgaris dan subspecies group vulgaris Conditiva. Karena warnanya yang merah keunguan yang kuat, selain untuk makanan, juga digunakan sebagai pewarna makanan dan pengobatan.

Bit adalah tanaman umbi-umbian yang banyak digunakan untuk pengobatan alami. Manfaat buah bit yang dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, dijus, atau dimakan mentah ini pun sangat banyak.

Tapi, bit bukanlah jenis buah-buahan, melainkan umbi-umbian berwarna merah gelap yang tumbuh di dalam tanah. Manfaat buah bit bisa didapatkan dari nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, sodium, dan zat besi. Bit rendah lemak dan kalori, dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Bit juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi efek peradangan.

Buah bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Umumnya, orang lebih suka menggunakan akarnya yang terasa manis sebagai obat kesehatan. Namun, saat ini banyak yang mengonsumsi daging buah dan daun dari buah bit, karena memiliki kandungan nutrisi yang melimpah serta manfaat yang baik untuk kesehatan. 

Buah bit memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak dan diperlukan oleh tubuh. Bukan hanya bagian umbinya saja yang bisa dikonsumsi, tetapi daun dari buah bit juga bisa kamu olah menjadi hidangan.

Dalam satu buah bit, kamu bisa menemukan berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, sodium dan zat besi. Sementara pada daun buah bit, kamu akan menemukan protein, fosfor, zinc, serat, vitamin B6, tembaga, mangan, vitamin A, potasium juga zat besi yang lebih tinggi dari sayuran bayam. Selain itu, buah bit juga mengandung antioksidan dan rendah kalori. 

Berikut daftar nutrisi dalam setiap 100 gram (g) buah bit:
  • Kalori: 44
  • Protein: 1,7 g
  • Lemak: 0,2 g
  • Serat: 2 g
  • Vitamin C: 6% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Folat: 20% AKG
  • Vitamin B6: 3% AKG
  • Magnesium: 6% AKG
  • Potasium: 9% AKG
  • Fosfor: 4% AKG
  • Mangan: 16% AKG
  • Zat besi: 4% AKG

Kandungan buah bit di atas tentunya memberikan ragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh :

Mencegah Gangguan Pernafasan
Kandungan vitamin C dalam akar bit bisa mencegah gejala asma sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui banyak cara. Tak hanya berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, vitamin C juga mampu merangsang aktivitas sel darah putih sehingga infeksi dan penyakit akibat jamur, virus, maupun bakteri menjauh. Bonus lain datang dari betakaroten yang efektif mencegah kanker paru-paru.

Mengatasi Diabetes
Mengonsumsi buah bit yang kaya akan antioksidan dapat membantu Anda menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Oleh sebab itu, para ahli menduga buah bit dapat memberikan manfaat untuk mengatasi diabetes. Manfaat buah bit juga bisa dirasakan oleh penderita diabetes. Bit mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang diduga bisa mencegah kerusakan sel dan membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada penderita diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah bit dalam memperbaiki kadar gula darah terlihat lebih signifikan pada mereka yang mengalami obesitas, dibandingkan mereka yang berat badannya ideal.

Memiliki Sifat Anti Radang
Proses peradangan sebenarnya merupakan respon alami tubuh untuk melawan benda asing. Tetapi jika peradangan berlangsung lama atau kronis, maka ada dampak buruk bagi kesehatan yang dapat terjadi, seperti kerusakan pembuluh darah dan kerusakan jaringan tubuh. Salah satu manfaat buah bit adalah dapat menekan peradangan dan mencegah kerusakan di dalam tubuh. Buah bit memiliki kandungan betalain, yaitu pigmen yang memiliki sifat antiinflamasi sehingga bisa membantu tubuh Anda mengatasi berbagai peradangan. Sebuah penelitian tahun 2014 telah membuktikan bahwa jus dan ekstrak buah bit dapat mengurangi peradangan ginjal.

Memelihara Kesehatan Saluran Pencernaan
Buah bit yang mengandung serat dan antioksidan terlihat memiliki efek baik bagi saluran pencernaan. Kandungan nutrisi ini membuat buah bit dapat membantu kelancaran proses pencernaan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa manfaat buah bit adalah juga untuk mencegah kerusakan dinding saluran cerna karena proses peradangan, konstipasi, dan kanker usus besar. Serat merupakan salah satu komponen penting untuk membantu melancarkan pencernaan. Buat bit termasuk jenis asupan yang kaya serat. Satu cangkir buah bit mengandung 3,4 gram serat. Serat dapat memberi makan bakteri baik di usus, sekaligus bisa membantu mencegah sembelit dan radang usus. Selain itu, konsumsi asupan tinggi serat juga bisa mencegah penyakit kanker usus besar, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Baik Bagi Ibu Hamil dan Janin
Seperti disebutkan di atas, bit kaya akan folat. Zat yang satu ini sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Folat membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin dan menurunkan risiko bayi terlahir prematur. Namun, konsumsi jumlah bit dalam ibu hamil tidak boleh terlalu banyak.

Manfaat “buah” bit memang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Namun, berbagai manfaat tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut. Meski buah bit memiliki segudang khasiat, bukan berarti Anda dapat mengonsumsi bit dalam jumlah besar. Terlalu banyak makan bit justru dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh, merusak ginjal, bahkan memperparah penyakit ginjal. Pastikan kamu mengkonsumsi buah bit cukup dengan kebutuhan tubuhmu. Jangan lupa juga mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi agar mendapatkan gizi seimbang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lowongan Kerja PT Softex Indonesia Via Jobstreet (Manufaktur Produk Konsumen)

Lowongan Kerja PT. Lion Super Indo - (Retail / Merchandise)

Lowongan Kerja Terbaru PT Bank Central Asia (Bank BCA)