Beberapa Khasiat Yang Terkandung Pada Minyak Zaitun



Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Zaitun adalah anggota suku Oleaceae.

Tangkai zaitun berdaun sering dipakai sebagai lambang perdamaian dan telah lama menjadi bagian kebudayaan Barat. Di dalam masyarakat ini dahan zaitun menjadi lambang perdamaian dan telah ditanam sejak ratusan tahun yang lalu untuk diambil buahnya yang sedap. Dari filosofi tersebut dapat kita ambil intisari bahwa dengan tumbuhnya zaitun akan membawa perdamaian.

Banyak manfaat dari pohon zaitun ini. Selain buahnya yang enak, kayu dari pohon zaitun juga sangat bagus, keras dan indah. Selain untuk dimakan buah zaitun juga digunakan sebagai penyedap makanan. Apabila diperas buahnya, kita dapat memperoleh minyaknya. Minyak ini dapat digunakan sebagai bumbu salad dan belakangan banyak digunakan untuk bahan kosmetik yang dapat menjaga kelembaban dan kekencangan kulit sehingga diyakini dapat menjadikan kulit awet muda. Secara umum, zaitun banyak digunakan untuk kuliner, kesehatan, juga kosmetik.

Banyak orang sudah mengetahui manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, hal itu sudah merupakan rahasia umum. Namun tidak hanya untuk kecantikan, minyak zaitun mempunyai banyak manfaat lainnya yang mungkin belum Anda ketahui.

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa minyak zaitun merupakan minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan zaitun. Minyak yang berasal dari tanaman asli Mediterania ini mengandung banyak sekali senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh antara lain vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi. 

Dalam 1 sendok makan atau setara dengan 15 ml minyak zaitun, terdapat 120 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:
  • 13,5–14 gram lemak
  • 0,1 miligram kalsium
  • 0,1 miligram kalium
  • 0,3 miligram natrium
  • 1,9 miligram vitamin E
  • 8 mikrogram vitamin K.
Meskipun mengandung banyak lemak, namun lemak yang terkandung dalam minyak zaitun merupakan jenis lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, asam oleat, omega 3 , dan omega 6. Minyak zaitun juga mengandung kolin dan antioksidan, seperti seperti flavonoid dan polifenol.

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa sawit, kandungan asam lemak tak jenuh pada minyak zaitun cenderung lebih tinggi, sehingga bisa dikatakan lebih baik bagi tubuh. Manfaat minyak zaitun untuk wajah memang sudah tidak diragukan lagi. Namun, nyatanya minyak ini juga menawarkan segudang manfaat kesehatan lainnya. Jika Anda mulai dari sekarang mengganti asupan lemak jenuh dengan pasokan lemak sehat seperti dalam minyak zaitun, Anda dapat memperoleh sejumlah manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kesehatan Anda secara keseluruhan, seperti:

Menebalkan Tulang dan Mencegah Osteoporosis
Sebuah tes dilakukan pada tikus yang dalam kondisi yang mirip pada menopause perempuan. Terdapat 1 kelompok yang rajin diminumkan minyak zaitun. Sedangkan kelompok lain tidak. Hasil menunjukkan bahwa tikus yang tidak diberi minyak zaitun menunjukkan penurunan kadar kalsium yang signifikan dan peningkatan kadar ALP, MDA, dan nitrat yang signifikan.

Memelihara Kesehatan Jantung
Minyak buah zaitun menjadi bagian pokok yang tak bisa dilepaskan dari diet Mediteranian yang terbukti sehat bagi jantung. Pasien penyakit jantung yang menjalani diet Mediterania juga dikaitkan dengan risiko kematian yang rendah akibat penyakitnya. Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun juga berperan dalam mengurangi risiko penyakit jantung . Hal ini karena minyak zaitun tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh , sehingga tidak menumpuk di pembuluh darah. Minyak sehat ini sebenarnya baik dikonsumsi untuk mencegah penumpukan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke. Antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun membantu mencegah kolesterol dalam darah teroksidasi sehingga dapat melindungi, mencegah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Merawat Kesehatan Rambut
Rambut yang sering terkena touch up seperti diwarnai, diluruskan, dikeriting, atau apapun yang bersinggungan dengan obat kimia tentu akan mengalami penurunan fungsi seperti patah-patah, mudah rontok, kering, dan bahkan rusak. Dengan rutin mengoleskan minyak zaitun pada rambut, maka kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut. Selain itu, rambut Anda juga semakin tebal dan bersinar secara alami. Jadi bagi Anda yang mengalami kebotakan pun bisa menggunakan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Memerangi Pankreatitis Akut
Para peneliti di University of Granada di Spanyol melakukan percobaan in vitro pada minyak buah zaitun. Hasilnya para peneliti menemukan bahwa komponen tertentu dalam minyak buah zaitun dapat melindungi tubuh dari infeksi akut. Ini karena minyak buah zaitun kaya asam oleat dan hidroksitirosol, yang memengaruhi perkembangan pankreatitis akut.

Mengontrol Tekanan Darah
Salah satu manfaat minyak zaitun yang sangat populer adalah mengontrol tekanan darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi sekitar 50-60 ml minyak zaitun murni atau setara dengan sekitar 4 sendok makan per hari, tampaknya memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol. Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan asam lemak sehat dalam minyak zaitun yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah.

Untuk dapat meraih segala khasiat minyak zaitun di atas, tentu Anda juga memerlukan asupan minyak yang terbaik di kelasnya dan yang berkualitas tinggi. Alangkah baiknya untuk menjaga kesehatan Anda dan orang-orang di sekitar Anda, mulailah memakai atau mengonsumsi minyak zaitun untuk kehidupan yang lebih baik. Meskipun terdapat berbagai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, tetapi jangan mengonsumsi minyak zaitun secara berlebih. Minyak zaitun tetap mengandung lemak dan karenanya konsumsi secukupnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lowongan Kerja PT Softex Indonesia Via Jobstreet (Manufaktur Produk Konsumen)

Lowongan Kerja PT. Lion Super Indo - (Retail / Merchandise)

Lowongan Kerja Terbaru PT Bank Central Asia (Bank BCA)