Bebebrapa Khasiat Yang Terkandung Dalam Buah Kurma

Kurma dengan nama latin Phoenix dactylifera adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. 

Buahnya dijadikan makanan pokok di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15–25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3–5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6–10 m.

Sebagai informasi, Anda dapat membedakan kurma segar dan kurma yang dikeringkan dengan melihat kulitnya. Jika kulit kurma berkerut, berarti kurma tersebut sempat dikeringkan demi pengemasan yang baik. Bila kulit kurma masih halus, berarti itu adalah kurma segar. Jangan khawatir, keduanya tetap memiliki manfaat yang sama. Sesuaikan saja dengan selera Anda. Sebagian orang ada yang menyukai kurma kering karena tidak lengket di tangan

Berikut beberapa kandungan yang ada di dalam buah legit berwarna cokelat tua itu, antara lain : 
Kalori: 281 kcal per 100gr
Lemak total: 0.03 gr
Karbohidrat total: 5.33 gr
Serat: 0.6 gr
Gula: 4.5 gr
Protein: 0.17 gr
Vitamin B6: 0.012 mg
Zat besi: 0.07 mg
Magnesium: 3 mg
Potassium: 47 mg

Kurma, baik yang muda (ruthob) atau yang sudah matang (tamr), semuanya membawa manfaat buat kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat dari buah yang satu ini : 

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Memiliki kandungan serat makanan yang baik, kurma dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan pencernaan. Sekitar 6.4 persen hingga 11.5 persen kurma terdiri dari serat, terutama jenis yang tidak larut. Jenis serat tidak larut dalam makanan dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan. Dengan mengonsumsi kurma, kemungkinan terkena diare dan sembelit akan berkurang.

Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat
Dengan rasanya yang manis, kurma dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Bonusnya lagi, tak cuma memaniskan, kurma pun kaya nutrisi, serat, dan antioksidan. Meski masih membutuhkan penelitian lebih dalam, buah kurma juga dipercaya bisa memperbaiki kesehatan tulang  dan membantu mengatur gula darah.

Menyehatkan otak
Otak pun turut menikmati manfaat dari konsumsi kurma. Dalam riset yang diterbitkan di Neural Regeneration Reseach pada 2016, peneliti menyimpulkan kurma menyediakan perlindungan melawan inflamasi dan tekanan oksidatif pada otak. Dalam riset disebutkan, kurma mampu menurunkan penanda inflamasi seperti interleukin 6 (IL-6) pada otak. Kadar IL-6 yang tinggi berhubungan dengan risiko penyakit neurodegenatif tinggi termasuk Alzheimer.

Melawan penyakit yang berhubungan dengan inflamasi
Dalam tinjauan yang diterbitkan di Journal of Pharmacy & BioAllied Sciences, kurma disebut punya potensi sebagai sumber antioksidan dan antimicrobial. Kurma sejak zaman dulu dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Tekanan oksidatif timbul saat ada ketidakseimbangan antara kerusakan sel akibat radikal bebas dan kemampuan tubuh melawan efek kerusakannya. Inflamasi pun membawa penyakit pada tubuh misalnya penyakit jantung, diabetes, kanker, arthritis, juga penyakit pada pencernaan.

Meningkatkan Kesuburan
Tak cuma bisa melancarkan persalinan normal, manfaat kurma yang pasti bakal disukai pasangan suami istri adalah bisa meningkatkan kesuburan, baik pada wanita maupun pria. Itu semua berkat kandungan asam amino dan sengnya. Di Timur Tengah, serbuk sari kurma (date palm pollen) dijadikan obat untuk mengatasi masalah ketidaksuburan, terutama pada pria. Biji dan serbuk sari kurma pun memiliki senyawa yang bekerja seperti hormon-hormon reproduksi pria dan wanita.

Buah satu ini memang lekat dengan suasana Ramadan dan Lebaran. Meski demikian, tak ada salahnya mengonsumsi kurma di luar dua momen istimewa ini, apalagi konsumsi kurma bisa membawa manfaat untuk kesehatan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lowongan Kerja PT Softex Indonesia Via Jobstreet (Manufaktur Produk Konsumen)

Lowongan Kerja PT. Lion Super Indo - (Retail / Merchandise)

Lowongan Kerja Terbaru PT Bank Central Asia (Bank BCA)