Beberapa Khasiat Yang Terkandung Dalam Buah Naga



Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

Seperti namanya, buah ini memiliki kulit menyerupai sisik naga, yang merupakan hewan mitos legendaris asal China. Bentuk tanamannya pun unik karena memiliki batang yang menyerupai kaktus besar. Meski tampak unik, buah naga ternyata mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Buah ini pun kaya akan kandungan gizi, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian Anda.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan gizi dari 100 gram buah naga merah mentah adalah:
Air: 85,7 gram
Energi: 71 kal.
Protein: 1,7 gram
Lemak: 3,1 gram
Karbohidrat: 9,1 gram
Serat: 3,2 gram
Abu: 0,4 gram
Kalsium: 13 mg
Fosfor: 14 mg
Zat besi: 0,4 mg
Natrium: 10 mg
Kalium: 128 mg
Seng (Zinc): 0,4 mg
Vitamin B1: ,5 mg
Vitamin B2: 0,3 mg
Niasin atau vitamin B3: 0,5 mg
Vitamin C: 1 mg

Tak hanya kandungan di atas, buah naga juga mengandung vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin E dan magnesium. Selain itu, Cleveland Clinic menyebut, buah ini juga mengandung likopen, yaitu senyawa dari kelompok karotenoid yang memberikan warna merah pada buah. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan yang sayang dilewatkan:

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Buah naga juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda, karena bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Ini bisa terjadi karena kandungan likopen, betalain, serta serat yang ada di dalam buah naga. Tak hanya itu, biji yang ada di daging buah naga pun kaya akan lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk kesehatan jantung, sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Meningkatkan Kesehatan Usus 
Buah naga memiliki kandungan prebiotik sehingga berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus. Prebiotik merupakan serat khusus yang penting untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Secara khusus, buah naga mendorong pertumbuhan dua bakteri sehat, yakni bakteri asam laktat dan bakteri bifidobacteria.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh 
Kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi ditentukan oleh beberapa faktor berbeda, termasuk kualitas makanan Anda. Di mana, vitamin C dan karotenoid dalam buah naga diyakini dapat berkontribusi pada meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih Anda dari kerusakan. Sel darah putih dalam sistem kekebalan Anda berfungsi menyerang dan menghancurkan zat berbahaya. Namun, mereka sangat sensitif terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Sebagai antioksidan kuat, vitamin C dan karotenoid dapat menetralkan radikal bebas dan melindungi sel darah putih dari bahaya.

Mengontrol Kadar Gula Darah
Kandungan serat dalam buah naga juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ini dilakukan dengan menekan lonjakan gula yang terjadi setelah seseorang makan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Tak hanya itu, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Plos One pada tahun 2016 pun menemukan fakta bahwa, pitaya dapat melawan resistensi insulin pada tikus, yang merupakan salah satu penyebab diabetes.

Selain dimakan langsung, buah naga juga bisa dinikmati dalam berbagai hidangan, termasuk menjadikannya sebagai bahan campuran salad buah, dibuat jus, campuran yogurt, maupun dibuat smoothie. Sementara itu, meskipun kebanyakan orang biasanya tidak memakan kulit buah naga karena rasanya yang pahit, beberapa orang memilih untuk tetap mengolahnya menjadi sajian makanan. Hal ini diyakini dapat menambah asupan flavonoid, yaitu antioksidan yang memiliki manfaat anti inflamasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lowongan Kerja PT Softex Indonesia Via Jobstreet (Manufaktur Produk Konsumen)

Lowongan Kerja PT. Lion Super Indo - (Retail / Merchandise)

Lowongan Kerja Terbaru PT Bank Central Asia (Bank BCA)