5 Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan



Belimbing sayur dikenal pula dengan nama belimbing wuluh, belimbing buluh, belimbing botol, belimbing besi, atau belimbing asam merupakan sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Tumbuhan ini biasa ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya yang memiliki rasa asam yang sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu.

Belimbing wuluh mengandung banyak air dan memiliki rasa asam yang kuat. Air dalam belimbing wuluh memiliki konsentrasi asam oksalat cukup tinggi dan bermanfaat membersihkan dan memutihkan gigi dan kulit. Masyarakat Indonesia biasanya menggunakan belimbing wuluh untuk campuran sup, sambal, kari, dan lain sebagainya.

Mengutip jurnal Archives of Pharmacy and Biological Science, dalam 100 gram belimbing wuluh, terkandung sekitar 30 gram kalori dan beragam nutrisi seperti:
2,8-3 gram serat
6,7 gram karbohidrat
60 IU vitamin A
35 miligram vitamin C
0,15 miligram vitamin E
12 mikrogram folat
130 miligram kalium
10 miligram magnesium
0,12 miligram zinc

Menurut Science Direct, belimbing wuluh mengandung nutrisi seperti protein, serta vtamin (A, C, dan B kompleks). Buah ini juga memiliki kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, dan zat besi. Terlebih, belimbing sayur juga mengandung antiokidan dan zat besifat astringen. Saking banyaknya nutrisi, sehingga tak heran jika belimbing wuluh juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan seperti berikut.

Mengontrol kadar gula darah
Kadar gula yang tinggi dan tidak terkontrol di dalam darah dapat menimbulkan terjadinya resistensi insulin. Lama-kelamaan, kondisi ini bisa menyebabkan penyakit diabetes tipe 2. Penyakit ini erat kaitannya dengan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular, kerusakan saraf mata, hingga gangguan saraf dan ginjal. Beberapa riset menunjukkan bahwa konsumsi belimbing wuluh diyakini dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan serat di dalam belimbing wuluh yang diketahui baik untuk menjaga gula darah tetap stabil.

Obat Batuk  
Selain buahnya, bunga belimbing wuluh juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Mengutip dari Buku Toga, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian, bunga belimbing wuluh efektif mengobati batuk.  Bunga belimbing wuluh ini bisa jadi solusi untuk Anda yang enggan minum obat farmasi untuk mengobati batuk. 

Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi
Gigi dan tulang akan semakin lemah seiring bertambahnya usia. Anda bisa mengonsumsi belimbing wuluh untuk dijadikan alternatif asupan kalsium bagi kekuatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium dalam belimbing wuluh terbilang cukup tinggi. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan fosfor untuk meningkatkan efektivitas mineral yang akan menambahkan kepadatan dan kekuatan pada gigi dan tulang.

Mampu Mengobati Wasir
Buah belimbing wuluh terdapat elemen anti-inflamasi yang kuat yaitu tanin dan terpenoid. Senyawa ini akan membantu mengurangi pembengkakan di pembuluh darah anus dan rektum, yaitu suatu kondisi yang dikenal sebagai wasir. Dengan menerapkan ekstrak buah dan daun ke daerah yang terkena akan mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan pendarahan sehingga perlahan akan memperbaiki wasir.

Memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah
Belimbing wuluh diketahui bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan antioksidan, serat, vitamin C, dan kalium di dalamnya. Kalium berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, sedangkan serat dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Kandungan vitamin C di dalam belimbing wuluh juga dapat mengurangi peradangan dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah (aterosklerosis).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lowongan Kerja PT Softex Indonesia Via Jobstreet (Manufaktur Produk Konsumen)

Lowongan Kerja PT. Lion Super Indo - (Retail / Merchandise)

Lowongan Kerja Terbaru PT Bank Central Asia (Bank BCA)