5 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Penggunaan tanaman obat sebagai alternatif pengobatan herbal, umum ditemukan dan tersebar luas di seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengategorikan lebih dari 20.000 spesies tanaman dengan khasiat penyembuhan, termasuk jambu biji. Daun jambu biji memiliki sejarah dalam penggunaannya sebagai obat, dan itu masih digunakan sampai sekarang. Berdasarkan penelitian Sumra Naseer dalam jurnal Clinical Phytosciencei, jambu biji banyak tumbuh di daerah tropis, di mana penanaman jambu biji pertama yang bernilai ekonomi dilakukan tahun 1912 di Florida.

Pemanfaatan daun jambu biji untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan telah dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dulu. Hingga saat ini pun, masih banyak orang yang memilih untuk mengobati berbagai macam penyakit dengan ramuan-ramuan tradisional seperti ini. Tanaman ini juga banyak ditemui di seluruh wilayah Indonesia. Daun jambu biji biasanya dikonsumsi dengan cara direbus bersama air untuk mendapatkan ekstraknya.

Berikut beberapa manfaat daun jambu biji yang baik untuk kesehatan :

Menurunkan Kolesterol 
LDL atau low-density lipoprotein adalah salah satu dari lima kelompok utama lipoprotein yang berfungsi  mengangkut molekul lemak ke seluruh tubuh. Kelebihan LDL inilah yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan terutama pada jantung. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism, partisipan penelitian yang minum air rebusan daun jambu biji memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah setelah delapan minggu.

Bantu Turunkan Berat Badan
Khasiat daun jambu biji yang pertama untuk membantu menurunkan berat badan. Daun jambu biji membantu menurunkan berat badan dengan mencegah pati kompleks diubah menjadi gula. Untuk tujuan ini, karbohidrat harus diuraikan di hati untuk digunakan oleh tubuh dan daun jambu biji mencegah transisi karbohidrat menjadi senyawa yang dapat digunakan.

Obati Diabetes
Khasiat daun jambu biji yang ketiga untuk membantu mengobati diabetes. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yakult Central Institute di Jepang, air daun jambu biji dapat secara efektif menurunkan glukosa darah pada penderita diabetes dengan mengurangi aktivitas enzim alfa-glukosidaase.

Obati Sakit Gigi, Sakit Tenggorokan dan Penyakit Gusi
Khasiat daun jambu biji yang lain untuk membantu mengobati sakit gigi, sakit tenggorokan, dan penyakit gusi. Karena khasiat antiradangnya, daun jambu biji segar dapat meredakan sakit gigi, menyembuhkan sariawan dan sariawan serta mengobati sakit tenggorokan saat digunakan untuk berkumur. Agen antibakteri pada daun ini melindungi gigi dan gusi. Hal ini tercatat dalam sebuah penelitian di jurnal Pharmacognosy. Oleh karena itu, daun jambu biji digunakan sebagai bahan pembuatan pasta gigi dan penyegar mulut. Daun jambu biji bahkan bisa dibuat pasta alami di rumah untuk menyikat gigi dan gusi.

Meningkatkan Kesehatan Jantung 
Banyak ilmuwan yang percaya bahwa antioksidan dan vitamin yang tinggi dalam daun jambu biji dapat melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Ekstrak daun jambu biji juga dikaitka dengan penurunan tekanan darah, penurunan kolesterol jahat, dan peningkatan kolesterol baik. Akibat tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji dapat memberikan efek positif.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa membuat air rebusan menggunakan daun jambu biji segar. Cuci 5-10 lembar daun jambu biji segar dengan air dingin yang mengalir. Rebus 2 gelas (475 mL) air di atas kompor, lalu tambahkan daunnya. Kecilkan api dan didihkan selama 10-12 menit. Angkat dari kompor dan tuangkan cairan ke dalam saringan di atas cangkir atau mangkuk lebar. Buang daunnya. Itulah manfaat daun jambu biji bagi kesehatan. Cara membuat air rebusan daun jambu biji juga cukup mudah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lowongan Kerja PT Softex Indonesia Via Jobstreet (Manufaktur Produk Konsumen)

Lowongan Kerja PT. Lion Super Indo - (Retail / Merchandise)

Lowongan Kerja Terbaru PT Bank Central Asia (Bank BCA)