Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Sukses Dua Mantan Karyawan Mendirikan Flipcart E-Commerce Hanya Berawal dari Ide Gila


KUMEL BLOG - Flipcart.com adalah sebuah perusahaan startup e-commerce terbesar di India, didirikan oleh Sachin Bansal dan Binny Bansal. Lalu bagaimana kisah luar biasa inspiratif dari 2 (dua) pengusaha ini membangun Flipcart dari nol hingga sesukses seperti sekarang ini? Yuk simak kisah lengkapnya berikut ini.

Awal Ide Gila Bansal Bersaudara


Ketika memutuskan untuk mendirikan perusahaan startup ini Bansal bersaudara (tanpa hubungan darah)  mendapat banyak cemoohan dan ejekan dari banyak orang. Bagaimana tidak, pada waktu itu Sachin dan Binny berstatus sebagai karyawan di salah satu perusahaan  terbesar di dunia 'Amazon.com' dengan gaji yang wah dan mapan namun tiba-tiba keduanya memutuskan berhenti bekerja untuk kemudian mendirikan starup Flipcart e-Commerce ini.

Dan lebih gilanya lagi, waktu itu negara India merupakan salah satu negara dengan infrastruktur logistik e-Commerce paling payah di dunia, ditambah lagi mayoritas penduduk India saat itu masih cukup asing dengan Toko online.

Sachin Bansal dan Binny Bansal, yang bekerja di Amazon.com awalnya ingin mendirikan perusahaan search engine seperti Google, namun mereka berdua menyadari bahwa India merupakan pasar yang sangat besar untuk bisnis e-Commerce.

Disisi lain, pada saat itu di India juga belum ada pemain e-Commerce, dan tentu hal ini menjadi peluang bagi mereka untuk menguasai pasar di India. Pada tahun 2007, mereka kemudian memutuskan keluar dari Amazon untuk memulai bisnis mereka sendiri, yaitu mendirikan Flipkart.com sebagai startup e-Commerce baru di India.

Sama seperti Amazon, situs Flipkart awalnya hanya menjual buku saja. Namun setelah berkembang, Flipkart mulai menawarkan dan menjual berbagai macam barang dan produk seperti barang elektronik konsumen, mode, dan gaya hidup.


Dalam beberapa tahun pertamanya, Flipkart berhasil mendapatkan dana melalui pendanaan modal ventura. Seiring dengan pertumbuhan perusahaan, semakin banyak pula investasi yang datang untuk perusahaan e-Commerce ini. Flipkart seolah membayar kepercayaan investor melalui kinerja perusahaan yang semakin menanjak dari tahun ke tahun.

Flipkart bersaing langsung dengan anak perusahaan Amazon di India dan Snapdeal. hingga Maret 2017, Flipkart memegang 39,5% pangsa pasar industri perdagangan elektronik India.

Flipkart sangat dominan di sektor pakaian (terutama setelah akuisisi Myntra dan Jabong.com) dan bersaing ketat dengan Amazon di sektor elektronik dan telepon seluler. Flipkart juga memiliki PhonePe, jasa pembayaran seluler berbasis Unified Payments Interface.

Membaca artikel tentang Kisah Sukses adalah satu cara kita untuk tetap memupuk semangat diri agar terus berjuang, konsisten dan semangat agar nanti kedepannya kita juga bisa ikut-ikutan ketularan sama suksesnya, mudah-mudahan, aamiin.

Referensi :
https://techinasia.com
https://sepositif.com

Posting Komentar untuk "Kisah Sukses Dua Mantan Karyawan Mendirikan Flipcart E-Commerce Hanya Berawal dari Ide Gila"