Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisa Usaha Jasa Pangkas Rambut: Rincian Modal, Prospek dan Resikonya


KUMEL BLOG - Sebenar nya usaha 'pangkas rambut' ini merupakan jenis usaha kecil atau usaha sampingan. Nah jika sobat memiliki keahlian memangkas rambut tidak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha satu ini, bukankah pepatah bijak mengatkan 'rejeki bisa datang dari mana saja, asal ada usaha'.

Jika diseriusi usaha apapun tentunya bakal mendatangkan pundi-pundi uang ke kantong kita, pun begitu juga dengan usaha jasa pangkas rambut. Inti dari sebuah usaha adalah niat, perencannan yang tepat, keseriusan dan manajemen yang baik . Jikapun sobat tidak memiliki keterampilan memotong rambut tidak ada salahnya untuk ikut kursus memotong rambut terlebih dahulu.

Bagaimana prospek usaha pangkas rambut ini? semua orang butuh jasa potong rambut dan selagi ada orang yang datang buat potong rambut tentu bakal tetap mengalir pundi-pundi rupiah, apalagi jika pelayanan yang diberikan terbaik.

Bahkan disalah satu jasa pangkas rambut di daerah penulis ada yang penghasilannya menyentuh angka enam juta per bulan dengan hanya buka dari jam 4 sore sampai jam 10 malam, luar biasa bukan?. Bagaimana, sudah sewa ruko kah dia? tidak, dia membuka usaha itu tepat disamping rumahnya. Berapa orang karyawannya? satu orang, dia sendiri.

Rincian Modal dan Peralatan Usaha Pangkas Rambut

Sobat hanya perlu menyediakan kursi, kaca kuran besar, sabun, handuk, meja rias, penjepit handuk. Untuk memperkirakan kisaran harga sobat bisa datangi ke toko-toko peralatan yang ada di kota sobat. Sebagai gambaran, berikut perkiraan rincian modal yang perlu sobat persiapkan:
  1. Seperangkat alat potong rambut lengkap dengan kisaran harga 1 juta - 2 juta rupiah
  2. Kursi minimal 2 set dengan kisaran harga 1-4 juta rupiah
  3. Sewa tempat (jika belum punya tempat), dengan kisaran harga 6 jutaan

Perkiraan Pendapatan dari Usaha Pangkas Rambut

Dalam case ini kita coba berandai-andai ya sob, besaran income tergantung dari berapa banyak yang datang ke pangkas sobat, kita andaikan saja orang yang potong rambut di tempat kita itu 15 orang, maka kita hitung total berapa penghasilan selama sebulan:
  1. 15 orang x 10.000 rupiah = 150.000 rupiah
  2. Jadi pemasukan selama 1 bulan, 150.000 rupiah x 30 hari = 4,5 juta rupiah

Hitung - Hitungan Sederhana Keungtungan
  1. Perkiraan biaya awal: RP. 8.000.000,- s.d. RP. 12.000.000,-
  2. Biaya operasional listrik katakanlah: RP. 100.000,-
  3. Rata-rata pemasukan perbulan: RP. 4.500.000,-
  4. Jadi di bulan ke-dua sobat sudah bisa pulang modal

Dari hitung-hitungan diatas perkiraan modal akan kembali sekitar 2 bulan. Nah bagaimana kalau pengunjung itu bisa lebih dari 15 orang per hari? tentu hasil akan lebih dari ini.

Iya kalau ada yang potong, bagaimana kalau dalam 1 hari tidak ada yang potong rambut sama sekali? Yang perlu sobat pahami disini adalah semua jenis usaha itu perlu dilakukan promosi, usaha apapun itu mau sebagus apapun jasa dan barang yang sobat tawarkan kalau tanpa promosi ya tak kan laku. Promosi yang paling mudah, simple dan efisien menurut hemat penulis adalah memanfaatkan media sosial seperti facebook, watsapp atau instagram.

Membuka usaha pangkas rambut memang memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan jenis usaha lain, berikut beberapa kelebihannya:
  1. Hanya satu kali mengeluarkan modal, untuk menjalankan bisnis ini sobat hanya perlu 1 kali saja mengeluarkan modal , dan untuk bulan berikut nya sobat hanya perlu melengkapi kekurangan kekurangan nya. Karena yang sobat jual hanyalah jasa.
  2. Tidak ada kata kadaluarsa ,takut basi jika tidak laku, dll.

Sebelum membuka jasa pangkas rambut ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
  1. Lokasi tempat usaha: Carilah lokasi yang strategis dan jika perlu terdapat tempat parkir disana, jangan lupa juga sediakan tempat tunggu untuk pelanggan yang antri untuk menunggu giliran potong rambut. Kalau perlu juga sediakan warung makanan untuk mereka, sukur sukur bisa menambah penghasilan
  2. Berikan layanan yang memuaskan: Entah itu dalam menjual barang atau jasa kepuasan pelanggan adalah segalanya, tujuannya. Jika pelanggan puas suatu saat dia pasti akan balik lagi ke kita. Atau minimal dia akan memberikan referensi ke yang lain dan kalau perlu berikan diskon harga.

Nah demikian lah sobat peluang usaha 'pangkas rambut' yanng bisa penulis share, untuk masalah resiko semua usaha tentu ada resiko nya tanpa terkecuali usaha yang 1 ini, namun tidak resiko yang spesifik dalam menjalan kan bisnis ini.

Yang perlu sobat lakukan hanyalah perbanyak promosi, mayoritas target market jasa pangkas rambut adalah anak muda. Jadi risetlah dimana biasanya mereka nongkrong setiap hari lalu ya tinggal promosi disana. Kaum muda millenial sekarang ini dimana lagi tempat nongkrongnya kalau bukan di sosmed, sobat lihat sendiri saja mana pernah mereka lepas dari yang nama-nya gadged.

Posting Komentar untuk "Analisa Usaha Jasa Pangkas Rambut: Rincian Modal, Prospek dan Resikonya"