Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkunjung ke Taman Nasional Pulau Komodo yang Eksotis


KUMEL BLOG - Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli komodo. Pulau ini merupakan salah satu kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat.

Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Kecamatan Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Bagi banyak orang, Taman Nasional Komodo adalah alasan utama untuk pergi ke Labuan Bajo. Selain melihat komodo, kadal terbesar di dunia yang habitat aslinya hanya di Indonesia, Anda juga akan menyaksikan keindahan alam Taman Nasional Komodo yang meliputi beberapa wilayah paling barat Pulau Flores dan pulau-pulaunya. ke arah barat.

UNESCO mengakui Pulau Komodo sebagai situs warisan dunia dan salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Tempat wisata ini juga masuk dalam daftar 10 destinasi terbaik di Asia versi Lonely Planet. Disebut sebagai rumah bagi biawak purba, keindahan alam kawasan wisata ini sangat memanjakan mata.

Wisatawan yang datang ke objek wisata ini tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk tiket. Karena harga tiketnya sangat murah. Ada biaya pemandu tambahan yang harus digunakan. Biaya tambahan sebesar 80.000 untuk pemandu wisata Komodo, karena setiap wisatawan harus didampingi oleh pemandu. Ini demi keselamatan dan keamanan wisatawan.

Kegiatan utama wisatawan adalah melihat langsung komodo secara fisik. Penyu dalam jumlah banyak, terumbu karang warna-warni juga semakin meramaikan kekayaan alamnya. Wisatawan juga dapat menikmati pantai, menyelam, snorkeling, atau mendaki bukit dengan pemandangan yang menakjubkan.

Aktivitas utama di objek wisata ini tentu saja melihat fisik komodo, hewan purba kebanggaan Indonesia. Mendapatkan suguhan lengkap tentang Komodo, wisatawan dapat memahami semua aktivitas kehidupan mereka. Berinteraksi dengan hewan dengan kulit keras dan cakar tajam, wisatawan harus ditemani oleh seorang ranger.

Wisatawan juga bisa berpose dengan biawak raksasa ini dengan bantuan seorang ranger yang membuatnya terlihat dekat. Terletak di Taman Nasional Komodo, pendiriannya bertujuan untuk melindungi Komodo dan flora di sekitarnya dari kepunahan. Populasi komodo (varanus komodoensis) tercatat sebanyak 3.012 individu dan stabil dari ancaman kepunahan.

Pulau Komodo memiliki sejumlah fasilitas yang memadai, mulai dari shelter hingga stand makanan. Pembangunan dermaga, penataan jalan, toilet, dan beberapa papan informasi ditujukan untuk mendukung pariwisata. Bagi wisatawan yang ingin berwisata kuliner bisa mengunjungi Kampung Ujung yang menyajikan menu seafood.

Berada di Taman Nasional Komodo, wisatawan harus mematuhi beberapa aturan. Misalnya, dilarang menyalakan api, dilarang menyentuh binatang, dilarang membawa botol air minum sekali pakai dan styrofoam. Wisatawan juga dilarang mengambil apapun dari kawasan Taman Nasional.

Taman Nasional Komodo juga menyelenggarakan sistem pengelolaan yang mencakup wisatawan, pusat informasi, dan ekosistem sabana. Selain itu, juga dilakukan pengetatan pengamanan dan pengawasan terhadap kegiatan snorkeling dan diving.

Posting Komentar untuk "Berkunjung ke Taman Nasional Pulau Komodo yang Eksotis"